logo
Berita

Introduction UI & UX (Pengantar UI & UX)

Beberapa orang masih banyak yang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan ada yang menganggap UI dan UX merupakan suatu hal yang sama.

Share on:

  • Mar 09, 2024
  • 10 min read
  • 266
  • 24 Views
Image
(Image at: Introduction UI & UX (Pengantar UI & UX))

Pada faktanya, UI dan UX itu berbeda namun satu sama lain saling berhubungan. Hal pertama, kita harus mengetahui dari HCI (Human Computer Interaction) dulu, karena Human Computer Interactionadalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI & UX Design.

Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini merupakan bagian dari HCI. Dimana saat kita menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphonegesture, dan dapat mendapatkan controlpenuh terhadap device tersebut merupakan sebuah interaksi.

  1. User Interface (UI)


User Interface atau Antarmuka Pengguna merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dari mesin atau komputer yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Sclatter (2013) memberikan sebuah panduan untuk menyusun sebuah aplikasi yang mudah digunakan dengan membaginya ke dalam beberapa komponen yang berpengaruh, yaitu :

a. Consistency adalah konsistensi dari tampilan antarmuka pengguna.

b. Hierarchy adalah penyusunan hirarki kepentingan dari objek-objek yang terdapat di dalam aplikasi.

c. Personality adalah kesan pertama yang terlihat pada aplikasi yang menunjukkan ciri khas dari aplikasi tersebut.

d. Layout adalah tata letak dari elemen-elemen di dalam sebuah aplikasi.

e. Type adalah tipografi yang digunakan di dalam sebuah aplikasi.

f. Color adalah penggunaan warna yang tepat digunakan pada sebuah aplikasi.

g. Imagery adalah penggunaan gambar, icon, dan sejenisnya untuk menyampaikan sebuah informasi di dalam aplikasi

h. Control and Affordances adalah elemen dari antarmuka pengguna yang dapat digunakan orang untuk berinteraksi dengan sistem melalui sebuah layar.

Gambar di atas merupakan contoh User Interfcae dari CIS (Campus Information System). Dimana UI lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreatifitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI Designdan fokus pada bagaimana tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi lebih menarik.

2. User Experience (UX)

User Experience memiliki cakupan yang lebih luas dari UI, karena cakupan UX dimulai dengan research sampai kemudian diimplementasikan ke dalam sebuah interfaceUser Experiencemerupakan salah satu faktor penting yang dapat mendukung keberhasilan dalam membangun suatu website. UX juga merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX memastikan bahwa websiteyang dibuat dapat memenuhi kebutuhan dan dapat digunakan oleh pengguna dengan pengalaman yang menyenangkan. Jika suatu website yang digunakan tidak dirancang dengan memperhatikan aspek user experienceyang baik, mengakibatkan kebutuhan dari pengguna dalam menggunakan website tersebut menjadi tidak terpenuhi. Dalam UX, terdapat 6 komponen penting yang perlu diketahui, yaitu :

a. User Research

User Research adalah tindakan mewawancarai pengguna prospektif atau user candidate dan pengguna aktual dari sebuah website untuk mendapatkan kejelasan pada sejumlah tujuan. Dengan melakukan user research, dapat membantu mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dalam websitesebelum diuncurkan. Selain itu, dapat menguatkan potensi website sehingga tujuan pembuatan website itu dapat tersampaikan pada penggunanya.

b. Content Strategy

Komponen penting lainnya yang tidak dapat dilewatkan ialah Content Strategy. Komponen ini sangat penting karena berfokus pada perencanaan, pembuatan, pengiriman, dan tata kelola konten suatu website. Tujuan dari Content Strategy ini adalah menciptakan konten yang bermakna, menarik, dan berkelanjutan. Dengan begitu, pengguna akan tertarik dan dapat bertahan menggunakan website yang dibuat.

c. Information Architecture

Aristektur Informasi merupakan komponen user experience design (desain pengalaman pengguna) yang tidak boleh terlupakan. Arsitektur Informasi adalah penciptaan struktur informasi dalam suatu produk agar mudah dimengerti oleh penggunanya. Komponen arsitektur informasi memudahkan pengguna ketika menggunakan website sehingga pengguna dapat menggunakan websiteitu dengan maksimal.

d. Interaction Design

Interaction design merupakan desain interaksi antara pengguna dengan suatu website. Tujuan utama interaction designialah agar memudahkan pengguna saat menggunakan website tanpa harus merasa kebingungan atau kesulitan.

e. Visual Design

Ketika sudah merancang interaksi seperti apa yang dikehendaki dalam produk, komponen selanjutnya yang tak kalah penting ialah visual design. Dalam komponen ini, perlu diperhatikan berbagai elemen tampilan visual mulai dari garis, rupa, pilihan warna, tekstur visual, tipografi, hingga bentuk tampilan animasi ataupun visual tiga dimensi. Masing-masing elemen itu harus bisa memberikan kenyamanan saat pengguna berinteraksi dengan websiteyang dibuat.

f. Usability

Ketika menerapkan UX design dalam merancang suatu website, hal pertama yang harus diperhatikan ialah komponen usabilityUsability adalah sejauh mana sebuah website dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien, efektif, dan pengguna menjadi puas saat menggunakan website tersebut.

Gambar di atas merupakan contoh dari User Experience. UX lebih fokus terhadap perancangan, menjembatani bagaimana tampilan nanti mampu bekerjasama dengan sistem. UX designerharus mengeksplorasi lebih dalam bagaimana memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas.

Referensi

[1] T. Schlatter and D. Levinson, “Visual Usability: Principles and Practices for Designing Digital Applications,” Elsevier, 2013.

[2] M. and W. , “Perancangan User Experience Mahasiswa pada Repository Institusi IPB Berbasis Mobile Menggunakan Metode Lean UX,” Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor, 2017.

[3] J. Garrett, “The Elements of User Experiance: User Centered Design for the web and beyond. 2nd Edition,” E-book from pearson education with printed and bound in United States of America.


avatar

Arrayyan Sadendra Archsanandra

archsanandra@gmail.com

seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Denmark, Ia memegang College of Engineering Chair di Fakultas Ilmu Komputer di Texas A & M University dan juga merupakan seorang profesor Riset Distinguished. Stroustrup menciptakan dan mengembangkan banyak bahasa pemrograman C++, untuk karyanya ini Ia diundang di Universitas Columbia dan bekerja di Morgan Stanley